Wednesday, November 30, 2016

Hal-Hal Yang Harus Dipahami Oleh Jasa Laundry Pemula

Di tahun 2016 saat ini, dimana musim hujan terus mengguyur tanah air dari bulan januari hingga november dan bahkan berdasarkan hasil analisa BMKG negara Indonesia akan terus mengalami musim hujan hingga 2017 mendatang. Tentu fenomena alam seperti ini memberikan keuntungan besar bagi pengusaha jasa laundry. Sehingga bisnis jasa laundry saat ini banyak yang menggelutinya, bahkan banyak pengusaha yang membanting setir dan mendirikan usaha jasa laundry meskipun tidak memiliki banyak wawasan tentang usaha laundry. Bagi anda yang akan memulai usaha jasa laundry sebenarnya yang terpenting adalah pemahaman anda terhadap Mesin Laundry beserta perlengkapannya. Mengenai mesin laundry, saat ini ada banyak pilihan merek dan kapasitas yang menghadirkan fitur atau spesifikasi canggih yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dalam bisnis usaha jasa laundry anda.

Perlengkapan mesin laundry merupakan bahan dasar yang digunakan untuk mencuci pakain kotor hingga menjadi bersih dan wangi.  Berhubung ada berbagai macam jenis pakaian yang terbuat dari bahan berbeda-beda, maka supaya hasil cucian bisa maksimal maka harus menggunakan bahan untuk mencuci tersebut dengan benar dan tepat. Sebuah bisnis jika bisa memberikan layanan secara maksimal dan bisa membuat pelanggan puas, maka sudah pasti usaha anda akan ramai dan banyak pelanggannya. Ada beberapa bahan dasar untuk mencuci yang harus anda pahami dan wajib ada, diantaranya adalah:

1.    Detergent
Detergent adalah sabun untuk mencuci pakaian yang hanya dapat menghilangkan noda ringan pada bahan kain seperti noda lumpur, debu, dan bekas keringat. Detergent bisa digunakan untuk mencuci pakaian yang terbuat dari kain, baik berwarna putih ataupun warna-warni.

2.    Alkali
Bahan dasar untuk mencuci yang satu ini merupakan formula khusus yang penggunaannya sebelum proses penyabunan dengan detergen. Fungsi alkali yaitu untuk melepaskan noda berupa lumpur dan minyak yang menempel pada pakaian. Alkali merupakan bahan kimia yang mampu membuat air cucian pada PH > 7 menjadi basa PH 13, sehingga noda berupa lemak, minyak atau kotoran yang bersifat asam bisa lebih mudah diemulsikan dan dinetralisir.

3.    Emulsifier
Bahan dasar jenis ini mengandung bahan kimia berkonsentrat surfactant PH 3 dan bahan dasar untuk mencuci jenis ini juga harus ada di usaha laundry anda karena larutan pengelmusi ini bisa membantu detergent mengangkat noda lemak, minyak, debu, lumpur dan lainnya pada pakaian yang berbahan kain katun, polyster, liner, dan pakaian yang biasa digunakan untuk memasak di dapur. Larutan emulsifier ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kain berbahan halus.

4.    Chlorine Bleach
Nama lain bahan dasar untuk mencuci pakaian ini adalah Sodium Hypochloride (CL2). Bahan dasar jenis ini digunakan sebagai pemutih pakaian yang berwarna putih polos dan selain itu bisa membasmi jamur, bakter dan noda tinta yang menempel pada pori-pori kain.

5.    Sour (Neutralizer)
Berupa cairan yang berfungsi untuk menetralkan bau dari berbagai bahan dasar pencuci seperti detergent, chlorine, dan alkali. Cairan ini dapat bekerja dengan baik pada suhu air dingin maupun hangat. Selain itu cairan ini dapat mengurangi kerusakan tekstil dan efek kuning yang diakibatkan oleh shodium hypochloride.

6.    Softener
Softener atau pewangi pakaian yang digunakan untuk finishing dari proses pencucian agar memberikan aroma harum pada pakaian ketika sudah kering. Selain memberikan efek wangi pada pakaian, softener juga memberikan efek lain yaitu membuat pakaian menjadi lebih lembut, halus dan licin sehingga memudahkan untuk proses penyetrikaan.

7.    Water hardness
Bahan kimia yang juga diperlukan untuk proses pencucian pakaian ini berfungsi untuk menetralkan kadar air yang terlalu banyak mengandung zat besi, magnesium dan carbol.

8.    Solvent
Tidak semua jenis pakain bisa dicuci dengan menggunakan media air, oleh karena itu bahan dasar pencuci ini berupa minyak yang terbuat dari perpaduan bahan kimia dengan formula khusus dan dipergunakan untuk mencuci pakaian dengan sistem kering atau tidak menggunakan air.

Itulah bahan-bahan dasar yang harus disiapkan untuk mencuci pakaian dan wajib ada di usaha jasa laundry anda. Sekian informasi dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya pemula dalam usaha jasa laundry.

Disponsori oleh :
Jual Mesin Pengering Laundry

No comments:

Post a Comment